Metal Set - Loading

Kamis, 29 Oktober 2015

Laporan hasil Observasi DI SMA 7 PALU



LAPORAN HASIL OBSERVASI
Oleh
Kelompok 3
Rai Agustini                  (A 241 13 043) 
Ririn Handayani            (A 241 13 077) 
Malni Allo Karaeng       (A 241 13 050) 
Wurwiarwin                   (A 241 13 022) 
Tri Rahmadanhi M.       (A 241 13 123)
Zulaikha Mufia              (A 241 13 072) 
Andi Sumadi                  (A 241 13 015) 
Akbar A. Laona             (A 241 13 027)

PROGRAM STUDI PENDIDIKAN FISIKA
JURUSAN PENNDIDIKAN MIPA
FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN
UNIVERSITAS TADULAKO
2015


KATA PENGANTAR
Ahamdulillah, Puji dan Syukur penulis panjatkan kehadirat Tuhan Yang Maha Esa yang telah memberikan limpahan rahmat dan hidayah-Nya kepada kita semua, sehingga kami dapat menyelesaikan laporan hasil observasi yang telah dilakukan di SMAN 7 PALU.
Dalam penyelesaikan laporan  ini, penulis tidak terlepas dari bantuan berbagai pihak. Terutama kepada bapak Pembina sebagai dosen pembimbing dan kepada rekan-rekan mahasiswa/ mahasiswi yang telah banyak membantu penulis dalam menyelesaikan makalah ini. Kami ucapkan banyak terimakasih kepada:
1.      Bapak Drs. Yusuf Kendek Paluin, M.Pd, selaku dosen pembimbing mata kuliah strategi pembelajaran fisika,
2.      Bapak Isman, M.Pd, guru mata pelajaran fisika SMA 7 PALU selaku narasumber dan objek observasi, yang telah meluangkan waktu dan tenaga, untuk terselenggaranya observasi ini.

Dengan segala ketulusan hati penulis menyadari bahwa apa yang disajikan dalam makalah ini masih jauh dari sempurna, oleh karena itu segala saran untuk dikemudian hari penulis ucapan terimakasih. Semoga bantuan yang penulis terima dari semua pihak bermanfaat bagi pembaca Amin.

Palu, 21 oktober 2015


Penulis






DAFTAR ISI
HALAMAN SAMPUL......................................................................................
1
KATA PENGANTAR........................................................................................
2
DAFTAR ISI......................................................................................................
3
BAB I PENDAHULUAN

1.      Latar Belakang........................................................................................
4
2.      Rumusan Masalah...................................................................................
4
3.      Tujuan ....................................................................................................
4
4.      Manfaat Observasi..................................................................................
4
5.      Metode...................................................................................................
4
BAB II HASIL OBSERVASI

A.    Gambaran Observasi...............................................................................
5
B.     Kegiatan Pembelajaran Matematika Kelas XI IPA 5 di SMA N 7 PALU......................................................................................................
5
C.     Deskripsi Proses Pembelajaran fisika di kelas XI IPA 5 SMA N 7 PALU.....................................................................................................
7
BAB III PENUTUP

KESIMPULAN.................................................................................................
8
DAFTAR PUSTAKA........................................................................................
9
Lampiran............................................................................................................
10











BAB I
PENDAHULUAN
1.      Latar Belakang
Setiap individu mempunyai keunikan masing-masing. Mempunyai kemampuan dan karakateristiknya masing-masing. Mulai dari yang cepat memahami pelajaran, hingga yang lamban, mulai dari siswa yang berprestasi hingga anak yang syarat akan masalah.
Observasi merupakan suatu kegiatan yang sangat penting dalam mengetahui bagaimana cara mengajar yang baik. Dalam hal ini kami selau mahasiswa Pendidikan Fisika melakukan observasi di SMA N 7 PALU, untuk memenuhi tugas mata kuliah Strategi Pembelajaran Fisika. Dengan adanya observasi ini diharapkan kita dapat mengetahui bagaimana seorang guru mengajar suatu pembelajaran. Kemudian kita sebagai seorang calon gurutentunya dapat memilih ana yang baik dan tidak baik untuk di ajarkan kepada murit kita ketika sudah mengajar kelak.
2.      Rumusan Masalah
a.       Bagaimana proses pembelajaran di SMA
b.      Bagaimana metode dan strategi mengajar yang efektif
3.      Tujuan
Dari rumusan masalah di atas maka tujuan observasi adalah sebagai berikut
a.       Mengetahuai proses pembelajaran di SMA
b.      Mengetahui metodedan startegi mengajar yang efektif
4.      Manfaat observasi
Setelah melakukan observasi di SMA N 7 PALU diharapkan kita dapat memahmi bagaimna cara mengajar yang benar dan mengaplikasikannya ketika kita menjadi guru di masa yang akan datang
5.      Metode
Metode yang di gunakan dalam penyusunan observasi adalah observasi langsung dan wawancara

BAB II
HASIL OBSERVASI
A.           Gambaran Observasi
1.             Identitas Narasumber      
Nama Lengkap     : Isman, M.Pd
Jabatan                 : Sebagai Guru kelas XI IPA di SMA N 7 PALU
2.             Pelaksanaan Observasi
Tempat                             : Kelas XI IPA 5 di SMA N 7 PALU
Alamat                             : Kel. Baiya, kec. Tawaeli
Jumlah Peserta didik        : 26 Orang
Hari ,Tanggal                   : Senin, 19 Oktober 2015
Waktu                              : 08:30 WITA – 10:00 WITA
Mata Pelajaran                 : Fisika
Materi                               : Hukum Kepler
B.            Kegiatan Pembelajaran Fisika Kelas XI IPA 5 di SMA N 7 PALU
Dalam kegiatan pembelajaran di SMA N 7 PALU , metode pembelajaran yang digunakan adalah metode ceramah, diskusi Kelompok dan eksperimen. Pada saat pembelajaran ketiga metode ini dapat di gunakan secara bersamaan, namun pada saat observasi kami, guru hanya menggunakan metode eksperimen, metode in di sesuaikan dengan tujuan pembelajaran. Langkah-langkah kegiatan pembelajaran yang diterapkan guru, yaitu:
a)       Kegiatan Awal (5 Menit)
Membuka pelajaran
Guru memasuki ruangan belajar dan menyapa dengan salam. Kemudian peserta didik memberikan salam kepada guru dan membaca do’a sebelum memulai proses pembelajaran.
Mempersiapkan Perlengkapan Belajar Mengajar
Guru bersama peserta didik mempersiapkan buku-buku pelajaran serta perlengkapan belajar lainnya. Kemudian guru memeriksa kehadiran siswa dengan mengabsen siswa.
Apersepsi
Setelah perlengkapan belajar mengajar telah dipersiapkan dengan baik. Guru mulai memotivasi peserta didik dengan melakukan Tanya jawab. Karena siswa sudah diberikan tugas tentang materi yang akan di pelajari berikutnya.
Kemudian guru membacakan tujuan pembelajaran untuk dicatat dan di perhatikan oleh siswanya sebagai target pembelajaran.

b)      Kegiatan Inti (25 Menit)
·         Guru menjelaskan materi pelajaran
Setelah membahas materi pelajaran sebelumnya, guru mulai menjelaskan materi pelajaran selanjutnya.­­­­ Saat observasi berlangsung, guru menjelaskan materi tentang pengukuran dan mengunakan metode menghafal yang unik agar siswa dapat lebih mudah untuk menghafal tentang pengukuran.
Melakukan tanya jawab
Proses tanya jawab antara guru dan peserta didik dilakukan saat guru menjelaskan dan saat guru telah selesai menjelaskan materi pelajaran. Kemudian setelah selesai proses tanya jawab, siswa di minta untuk maju satu persatu untuk menjelaskan apa yang sudah di jelaskan oleh guru. Karena di sesuaikan dengan tujuan pembeajara bahwa “ siswa diharapkan dapat menyebutkan hukum kepler 1,2, dan 3. Dan siswa diharapkan mampu menjelaskan hukum kepler 1,2, dan 3.
c)      Kegiatan Akhir (5 Menit)
Guru bersama siswa menyimpulkan materi pelajaran
Diakhir pelajaran, guru bersama peserta didik menyimpulkan kembali materi pelajaran yang telah dipelajari sebelumnya.
Menutup proses pembelajaran
Guru mengingatkan kembali kepada peserta didik bahwa dipertemuan berikutnya siswa yang tidak dapat menjelaskan hari ini dapat menjelaskan di ertemuan berikutnya. Dan guru memberikan tugas kepada siswa untuk materi selanjutnya. Kemudian bersama-sama menutup pelajaran dengan berdo’a dan memberikan salam.
C.           Deskripsi Proses Pembelajaran fisika di kelas XI IPA 5 SMA N 7 PALU
Berikut merupakan deskripsi proses pembelajaran fisika kelas XI IA 5 SMA N 7 PALU. Menurut hasil observasi yang dilakukan, saat proses pembelajaran berlangsung guru menciptakan suasana pembelajaran yang kondusif. Untuk menciptakan suasana yang demikian, guru menjadikan suasana yang lebih santai atau informal. Menciptakan suasana yang lebih santai dan informal dilakukan guru dengan cara menyapa setiap murid yang mulai merasa bosan mengikuti pelajaran. Kemudian ditambah lagi dengan humor-humor ringan. Sehingga peserta didik lebih termotivasi untuk mengikuti proses pembelajaran.
Guru tidak mengalami masalah yang cukup serius dalam proses pembelajaran fisika. Masalah demikian dapat diatasi oleh guru sebagaimana dijelaskan sebelumnya, yaitu dengan cara menyapa dan mengingatkan peserta didik serta memberikan motivasi dan humor-humor ringan. Dengan demikian masalah dapat segera diatasi oleh guru sehingga proses pembelajaran dapat berjalan dengan optimal dan kondusif.





BAB III
PENUTUP
A.    KESIMPULAN
Berdasarkan pembahasan dan uraian yang telah disajiakn diatas, maka dapat disuimpulkan bahwa proses pembelajaran di kelas XI IPA 5 SMA N 7 PALU, berjalan dengan efektif dan kondusif. Hal ini karena guru selalu memperrtimbangkan metode.



































Lampiran
Dokumentasi Observasi