LAPORAN
HASIL OBSERVASI

Oleh
Kelompok
3
Rai
Agustini (A 241
13 043)
Ririn
Handayani (A 241 13 077)
Malni
Allo Karaeng (A 241 13 050)
Wurwiarwin (A 241 13 022)
Tri
Rahmadanhi M. (A 241 13 123)
Zulaikha
Mufia (A 241 13 072)
Andi
Sumadi (A 241 13 015)
Akbar
A. Laona (A 241 13 027)
PROGRAM STUDI PENDIDIKAN FISIKA
JURUSAN PENNDIDIKAN MIPA
FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN
UNIVERSITAS TADULAKO
2015
KATA PENGANTAR
Ahamdulillah, Puji dan Syukur penulis panjatkan kehadirat
Tuhan Yang Maha Esa yang telah memberikan limpahan rahmat dan hidayah-Nya
kepada kita semua, sehingga kami dapat menyelesaikan laporan hasil observasi
yang telah dilakukan di SMAN 7 PALU.
Dalam penyelesaikan laporan ini, penulis tidak terlepas dari bantuan
berbagai pihak. Terutama kepada bapak Pembina sebagai dosen pembimbing dan
kepada rekan-rekan mahasiswa/ mahasiswi yang telah banyak membantu penulis
dalam menyelesaikan makalah ini. Kami ucapkan banyak terimakasih kepada:
1. Bapak Drs. Yusuf Kendek Paluin, M.Pd, selaku dosen
pembimbing mata kuliah strategi pembelajaran fisika,
2. Bapak Isman, M.Pd, guru mata pelajaran
fisika SMA 7 PALU selaku narasumber dan objek observasi, yang telah meluangkan
waktu dan tenaga, untuk terselenggaranya observasi ini.
Dengan segala ketulusan hati penulis menyadari bahwa apa
yang disajikan dalam makalah ini masih jauh dari sempurna, oleh karena itu
segala saran untuk dikemudian hari penulis ucapan terimakasih. Semoga bantuan
yang penulis terima dari semua pihak bermanfaat bagi pembaca Amin.
Palu,
21 oktober 2015
|
Penulis
|
DAFTAR ISI
HALAMAN SAMPUL......................................................................................
|
1
|
KATA PENGANTAR........................................................................................
|
2
|
DAFTAR ISI......................................................................................................
|
3
|
BAB I PENDAHULUAN
|
|
1. Latar Belakang........................................................................................
|
4
|
2. Rumusan Masalah...................................................................................
|
4
|
3. Tujuan ....................................................................................................
|
4
|
4. Manfaat Observasi..................................................................................
|
4
|
5. Metode...................................................................................................
|
4
|
BAB II HASIL OBSERVASI
|
|
A.
Gambaran Observasi...............................................................................
|
5
|
B.
Kegiatan Pembelajaran Matematika Kelas XI
IPA 5 di SMA N 7 PALU......................................................................................................
|
5
|
C.
Deskripsi Proses Pembelajaran fisika di kelas XI IPA 5 SMA N 7 PALU.....................................................................................................
|
7
|
BAB III PENUTUP
|
|
KESIMPULAN.................................................................................................
|
8
|
DAFTAR PUSTAKA........................................................................................
|
9
|
Lampiran............................................................................................................
|
10
|
BAB I
PENDAHULUAN
1. Latar Belakang
Setiap individu mempunyai keunikan masing-masing. Mempunyai
kemampuan dan karakateristiknya masing-masing. Mulai dari yang cepat memahami
pelajaran, hingga yang lamban, mulai dari siswa yang berprestasi hingga anak
yang syarat akan masalah.
Observasi merupakan suatu kegiatan yang sangat penting dalam
mengetahui bagaimana cara mengajar yang baik. Dalam hal ini kami selau
mahasiswa Pendidikan Fisika melakukan observasi di SMA N 7 PALU, untuk memenuhi
tugas mata kuliah Strategi Pembelajaran Fisika. Dengan adanya observasi ini
diharapkan kita dapat mengetahui bagaimana seorang guru mengajar suatu
pembelajaran. Kemudian kita sebagai seorang calon gurutentunya dapat memilih
ana yang baik dan tidak baik untuk di ajarkan kepada murit kita ketika sudah
mengajar kelak.
2.
Rumusan
Masalah
a. Bagaimana proses pembelajaran di SMA
b. Bagaimana metode dan strategi
mengajar yang efektif
3.
Tujuan
Dari rumusan masalah di atas maka
tujuan observasi adalah sebagai berikut
a. Mengetahuai proses pembelajaran di
SMA
b. Mengetahui metodedan startegi
mengajar yang efektif
4.
Manfaat
observasi
Setelah
melakukan observasi di SMA N 7 PALU diharapkan kita dapat memahmi bagaimna cara
mengajar yang benar dan mengaplikasikannya ketika kita menjadi guru di masa
yang akan datang
5.
Metode
Metode yang di gunakan dalam
penyusunan observasi adalah observasi langsung dan wawancara
BAB II
HASIL OBSERVASI
A.
Gambaran Observasi
1.
Identitas Narasumber
Nama Lengkap : Isman,
M.Pd
Jabatan : Sebagai Guru kelas XI IPA di
SMA N 7 PALU
2.
Pelaksanaan Observasi
Tempat : Kelas XI IPA 5 di
SMA N 7 PALU
Alamat : Kel. Baiya, kec.
Tawaeli
Jumlah Peserta didik : 26 Orang
Hari ,Tanggal : Senin, 19 Oktober 2015
Waktu : 08:30 WITA –
10:00 WITA
Mata Pelajaran : Fisika
Materi : Hukum Kepler
B.
Kegiatan Pembelajaran Fisika
Kelas XI IPA 5 di SMA N 7
PALU
Dalam kegiatan pembelajaran di SMA N 7 PALU , metode
pembelajaran yang digunakan adalah metode ceramah, diskusi Kelompok dan
eksperimen. Pada saat pembelajaran ketiga metode ini dapat di gunakan secara
bersamaan, namun pada saat observasi kami, guru hanya menggunakan metode
eksperimen, metode in di sesuaikan dengan tujuan pembelajaran. Langkah-langkah
kegiatan pembelajaran yang diterapkan guru, yaitu:
a)
Kegiatan Awal (5 Menit)
Membuka pelajaran
Guru memasuki ruangan belajar dan menyapa dengan
salam. Kemudian peserta didik memberikan salam kepada guru dan membaca do’a
sebelum memulai proses pembelajaran.
Mempersiapkan Perlengkapan Belajar Mengajar
Guru bersama peserta didik mempersiapkan buku-buku
pelajaran serta perlengkapan belajar lainnya. Kemudian guru memeriksa kehadiran
siswa dengan mengabsen siswa.
Apersepsi
Setelah perlengkapan belajar mengajar telah
dipersiapkan dengan baik. Guru mulai memotivasi peserta didik dengan melakukan
Tanya jawab. Karena siswa sudah diberikan tugas tentang materi yang akan di
pelajari berikutnya.
Kemudian guru membacakan tujuan pembelajaran untuk
dicatat dan di perhatikan oleh siswanya sebagai target pembelajaran.
b) Kegiatan
Inti (25 Menit)
· Guru
menjelaskan materi pelajaran
Setelah membahas materi pelajaran sebelumnya, guru
mulai menjelaskan materi pelajaran selanjutnya. Saat observasi berlangsung,
guru menjelaskan materi tentang pengukuran dan mengunakan metode menghafal yang
unik agar siswa dapat lebih mudah untuk menghafal tentang pengukuran.
Melakukan tanya jawab
Proses tanya jawab antara guru dan peserta didik
dilakukan saat guru menjelaskan dan saat guru telah selesai menjelaskan materi
pelajaran. Kemudian setelah selesai proses tanya jawab, siswa di minta untuk
maju satu persatu untuk menjelaskan apa yang sudah di jelaskan oleh guru.
Karena di sesuaikan dengan tujuan pembeajara bahwa “ siswa diharapkan dapat
menyebutkan hukum kepler 1,2, dan 3. Dan siswa diharapkan mampu menjelaskan
hukum kepler 1,2, dan 3.
c) Kegiatan
Akhir (5 Menit)
Guru bersama siswa menyimpulkan materi pelajaran
Diakhir pelajaran, guru bersama peserta didik
menyimpulkan kembali materi pelajaran yang telah dipelajari sebelumnya.
Menutup proses pembelajaran
Guru mengingatkan kembali kepada peserta didik bahwa
dipertemuan berikutnya siswa yang tidak dapat menjelaskan hari ini dapat
menjelaskan di ertemuan berikutnya. Dan guru memberikan tugas kepada siswa
untuk materi selanjutnya. Kemudian bersama-sama menutup pelajaran dengan
berdo’a dan memberikan salam.
C.
Deskripsi Proses Pembelajaran fisika
di kelas XI IPA 5 SMA N 7 PALU
Berikut merupakan deskripsi proses pembelajaran fisika
kelas XI IA 5 SMA N 7 PALU. Menurut hasil observasi yang dilakukan, saat proses
pembelajaran berlangsung guru menciptakan suasana pembelajaran yang kondusif.
Untuk menciptakan suasana yang demikian, guru menjadikan suasana yang lebih
santai atau informal. Menciptakan suasana yang lebih santai dan informal
dilakukan guru dengan cara menyapa setiap murid yang mulai merasa bosan
mengikuti pelajaran. Kemudian ditambah lagi dengan humor-humor ringan. Sehingga
peserta didik lebih termotivasi untuk mengikuti proses pembelajaran.
Guru tidak mengalami masalah yang cukup serius dalam
proses pembelajaran fisika. Masalah demikian dapat diatasi oleh guru
sebagaimana dijelaskan sebelumnya, yaitu dengan cara menyapa dan mengingatkan
peserta didik serta memberikan motivasi dan humor-humor ringan. Dengan demikian
masalah dapat segera diatasi oleh guru sehingga proses pembelajaran dapat berjalan
dengan optimal dan kondusif.
BAB
III
PENUTUP
A.
KESIMPULAN
Berdasarkan
pembahasan dan uraian yang telah disajiakn diatas, maka dapat disuimpulkan
bahwa proses pembelajaran di kelas XI IPA 5 SMA N 7 PALU, berjalan dengan
efektif dan kondusif. Hal ini karena guru selalu memperrtimbangkan metode.
Lampiran
Dokumentasi
Observasi




